Langsung ke konten utama

Obat-Obatan Tradisional

Assalamu alaikum wr.wb

Kali ini saya akan ngeshare tentang jenis-jenis tumbuhan yang bisa dijadikan obat tradisional ,Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.

jenis-jenis tumbuhan yng bisa dijadikan obat tradisional:


1.Khasiat Daun Binahong


 Tanaman Binahong atau Gondola adalah termasuk tanaman merambat. Hampir semua bagian dari tumbuhan binahong ini bermanfaat bagi manusia, baik daun, batang maupun umbinya bisa dipakai untuk terapi herbal. Saat ini bibitnya mudah dibeli di objek wisata Kopeng. Tumbuhan ini akan berkembang sangat baik pada lingkungan yang dingin dan lembab.
Bagi masyarakat Indonesia, tumbuhan ini sudah terkenal memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain: luka sehabis operasi, typus, maag, obat radang usus serta ambeien. Serta dapat pula mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, mengembalikan kondisi tubuh yang lemah setelah sakit, rematik, luka memar pukul, sakit asam urat dan mencegah stroke.

Tanaman Binahong atau Gondola ini biasa digunakan untuk berbagai macam penyembuhan luka, baik luka dalam maupun luka luar; selain itu bagi kaum adam, daun binahong diyakini dapat meningkatkan vitalitas.
·         Untuk pemakaian dalam/ di minum, daun binahong diyakini dapat menyembuhkan beberapa penyakit berikut: maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang serta menyembuhkan luka setelah operasi.
·
·         Untuk pemakaian luar/di oleskan, daun dan batang binahong ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit diyakini dapat menyembuhkan beberapa penyakit berikut: memar akibat pukulan, terkena panas api, rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit.

·         Umbi dari tumbuhan ini, diyakini dapat menyembuhkan penyakit jantung, lever, kencing manis, ginjal dan radang usus

·         Manfaat dan khasiat batang binahong untuk lemah syahwat adalah dengan cara: ambil getahnya kemudian oleskan pada batang penis, biarkan beberapa saat, nah anda siap melakukan tugas dengan istri. Cara lainnya: batang digodog dengan kencur (3 gelas menjadi 1 gelas) diminum tiap malam selama satu minggu.

2.Buah Apukat dan Khasiatnya

Buah Apukat dan Khasiatnya >> Alpukat termasuk buah yang istimewa karena mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kandungan lemak ini dapat memberikan energi yang cukup ketika dikonsumsi. Jenis lemak yang dikandungnya adalah lemak tak jenuh, yang kebetulan mudah dicerna dan berguna bagi tubuh. Dengan demikian, alpukat menyedikan energi yang cukup tinggi dibalik rasanya yang gurih dan lezat serta tidak pahit.

Jika dipilah, kandungan nutrisi yang dikandung satu buah alpukat adalah sebagai berikut: 95 mg fosfor; 23 mg kalsium; 1,4 mg zat  besi; 9 mg sodium; 1,3 mg potasium; 8,6 mg niacin; 660 mg vitamin A; dan 82 mg vitamin C.
Selain kaya lemak, buah alpukat juga kaya akan mineral yang kesemuanya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalamnya membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia. Juga, kandungan serat secara simultan membantu proses pencernaan. Selain itu, ia dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.
Jika disimpulkan, berikut ini khasiat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita:
·         Sumber vitamin E dan B
·         Menurunkan kolesterol darah
·         Melembabkan kulit
·         Membantu regenerasi darah merah
·         Mencegah anemia
·         Mencegah konstipasi
·         Mencegah malnutrisi
·         Sumber kandungan lemak tak jenuh
·         Beberapa macam penyakit yang dapat diobati:
·         Sariawan
·         Kanker kulit
·         Kanker kulit

3.Kandungan, Manfaat serta Khasiat Daun Sirih

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm.
Kandungan daun Sirih
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.
Manfaat dan Khasiat Daun Sirih
Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap. Untuk lebih lengkapnya mengenai khasiat daun sirih dan cara penggunaanya di bawah ini :
Mengobati pendarahan pada hidung / mimisan : 1 lbr daun sirih agak muda dilumatkan , gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan untuk menyumbat hidung.
·         Sebagai obat batuk : Rebus 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai tersisa ¾ air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan satu sendok madu. Lakukan hingga batuk hilang.
·         Sebagai obat bronchitis : daun sirih  sebanyak 7 lbr, gula batu satu potong direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum 1/3 gelas dengan aturan 3 x sehari.
·         Obat luka bakar : peras daun sirih secukupnya, tambahkan madu sedikit, lalu bubuhkan pada bagian kulit tubuh yang luka akibat terbakar.
·         Menghilangkan bau badan : rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gls air sampai menjadi 1 gls, minum secara rutin tiap hari.
·         Mengobati bisul : Cuci daun sirih secukupnya, giling hingga halus, lalu bubuhkan pada bisul dan sekelilingnya. Kemudian dibalut. Lakukan 2x sehari.
·         Menghilangkan aroma kurang sedap pada mulut : 4 lembar daun sirih,diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Gunakan sebagai obat kumur.
·         Mengobati sariawan : 2 lembar daun sirih segar dicuci, lalu kunyah sampai lumat oleh mulut anda. Buang ampasnya.
·         Mengobati keput!han : Rebus 10 lbr daun sirih menggunakan 2,5 ltr air, angkat, lalu pada kondisi air hangat gunakan untuk mencuci bagian k3m4lu4n.
·         Obat jerawat : tumbuk 10 lbr daun sirih hingga halus, Seduh dengan dua gls air panas. Setelah dingin, gunakan air seduhan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.
·         Mengobati diare : 6 lbr daun sirih, 6 biji lada, 1 sdm minyak kelapa. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan sebagai obat gosok pada bagian perut.
·         Mengurangi air ASI berlebih : ambil daun sirih secukupnya, lalu olesi dengan minyak kelapa, panaskan diatas api sampai layu, hangat-hangat tempelkan diseputar p4yud4r4 yang bengkak.
·         Mengatasi mata merah dan gatal : rebus 6 lbr daun sirih menggunakan 1 gls air hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 3x sehari sampai mata anda sembuh.

4. 4 Manfaat Bunga Anggrek

Manfaat Bunga Anggrek - Anggrek Coryanthes adalah salah satu tumbuhan yang mampu menjebak serangga agar jatuh ke dalam perangkapnya dengan menggunakan taktik yang menarik. Sistem reproduksi anggrek ini didasarkan pada memikat serangga dan memanfaatkannya untuk membawa serbuk sarinya.
Bunga Anggrek
Anggrek Coryanthes adalah salah satu tumbuhan yang mampu menjebak serangga agar jatuh ke dalam perangkapnya dengan menggunakan taktik yang menarik. Sistem reproduksi anggrek ini didasarkan pada memikat serangga dan memanfaatkannya untuk membawa serbuk sarinya. Bunga-bunga anggrek jenis ini tumbuh berkelompok. Setiap bunga memiliki dua helai kelopak yang mirip sayap dan tepat di belakang kedua helai ini terdapat sebuah “ember” kecil. Bila bunga membuka, cairan khusus yang dikeluarkan oleh dua kelenjar khusus mulai menetes ke dalam ember tersebut. Tak lama kemudian bunga pun mulai memancarkan wangi-wangian yang sangat menarik bagi lebah.
Manfaat bunga anggrek :
1. Anggrek Sebagai Tanaman Hias
Anggrek dikenal sebagai tanaman hias populer yang dimanfaatkan bunganya. Bunga anggrek sangat indah dan variasinya luar biasanya banyaknya hampir tidak terbatas. Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot maupun sebagai bunga potong. Indonesia memiliki kekayaan jenis anggrek yang sangat tinggi, terutama anggrek epifit yang hidup di pohon-pohon hutan, dari Sumatera hingga Papua. Anggrek bulan adalah bunga pesona bangsa Indonesia. Anggrek juga menjadi bunga nasional Singapura dan Thailand.

2. Anggrek Sebagai Simbol dan Aroma Pengharum
Anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Bangsa Yunani menggunakan anggrek sebagai simbol kejantanan, sementara bangsaTiongkok pada zaman dahulu kala mempercayai bahwa anggrek sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok.

Penggunaannya pun meluas sampai menjadi bahan ramu-ramuan dan bahkan sempat dipercaya sebagai bahan baku utama pembuatan ramuan-ramuan cinta pada masa tertentu. Ketika anggrek muncul dalam mimpi seseorang, hal ini dipercaya sebagai simbol representasi dari kebutuhan yang mendalam akan kelembuatan, romantisme, dan kesetiaan dalam suatu hubungan
3. Anggrek Sebagai Tanaman Obat Herbal
Pada beberapa abad yang lalu, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan tehnik pengobatan herbal yang menggunakan bahan dari tumbuh-tumbuhan.
Penggunaan obat tradisional dengan bahan tanaman Anggrek telah digunakan dalam pengobatan tradisional dalam upaya untuk mengobati banyak penyakit. Mereka telah digunakan sebagai sumber obat herbal di Cina sejak 2800 SM. Gastrodia elata adalah salah satu spesies anggrek dari genus Gastrodia adalah salah satu dari tiga jenis anggrek yang tercantum dalam Materia Medica yang pertama dikenal di Cina sebagai jenis anggrek yang digunakan untuk pengobatan(Shennon bencaojing) .
4. Anggrek Sebagai Bahan Makanan
Vanili (Vanilla planifolia) adalah merupakan anggota suku anggrek-anggrekan. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya untuk penyedap pada kue, untuk pembuatanparfum dan aromaterapi .
Umbi bawah tanah dari anggrek terestrial Orchis mascula yang sudah dijadikan bubuk dapat dijadikan campuran bumbu untuk memasak.
Daun kering dari anggrek Jumellea fragrans dapat digunakan sebagai rum (perasa) pada minuman di Pulau Reunion.

Beberapa spesies anggrek Saprophytic dari kelompokGastrodia menghasilkan umbi-umbian dan dapat dikonsumsi sebagai makanan oleh orang pribumi di Australia dan dapat berhasil dibudidayakan, terutama Gastrodia sesamoides.

5. Manfaat Dan Khasiat Buah Manggis
Manfaat buah manggis – Manggis merupakan salah satu buah yang tahan lama bahkan tidak mungkin bisa busuk , meskipun berada di atas tanah selama apapun. Mengapa demikian?? Manggis merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan buah semacamnya. Manggis tidak akan busuk, namun manggis ini akan mongering dan akhirnya menjadi kayu yang cuku keras. Namun dibalik semua itu banyak sekali khasiat buah manggis yang bisa kita manfaatkan terutama bagi kesehatan tubuh kita.
Banyak sekali manfaat dan khasiat buah manggis yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah manggis, diantaranya adalah sebagai berikut :
·         Manggis mampu menyembuhkan sekaligus mencegah penyakit kanker. Ekstrak dari buah manggis ini ternyata mampu mencegah akan tumbuhnya beberapa sel kanker yang ada di dalam tubuh kita, seperti kanker paru – paru, kanker hati, kanker usus, dll.
·         Mencegah tumbuhnya sel – sel pada penyakit leukemia.
·         Melawan radikal bebas.
·         Melancarkan pencernaai di dalam tubuh kita karena kaya akan kandungan serat alami.
·         Mampu menurunkan kadar kolesterol.
·         Mengatasi penyakit batu ginjal.
·         Dapat meningkatkan energy kita.
·         Dapat mencegah beberapa penyakit mematikan seperti diabetes, kanker, arthritis, jantung dan beberapa penyakit mematikan lainnya.
·         Mampu mengurangi rasa sakit.
·         Mengurang tekanan darah tinggi.


6. Manfaat Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak – Nah setelah sebelumnya saya mengulas tentang manfaat  dari Daun sirsak, yang kaya akan manfaatnya. Di kesempatan ini saya akan mencoba mengulas manfaat dari buah sirsak yang perlu kita ketahui dan tentunya sangat berguna untuk kehidupan sehat kita.

Buah sirsak, buah yang satu ini diyakini berasal dari belahan Negara Amerika selatan. Buah yang memiliki ciri-ciri kulit buahnya berduri, berwarna hijau tua, daging agak berserat dan berwarna putih serta mempunyai biji berwarna hitam yang terdapat dalam buahnya. Sirsak juga diyakini mampu menyembuhkan aneka macam penyakit, seperti kanker, kekebalan tubuh, dan masih banyak yang lainnya.

Nah untuk mengetahui aneka macam manfaat yang terdapat/terkandung pada buah sirsak mari kita simak bersama-sama, apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mengkonsumsi buah sirsak.

Manfaat Buah Sirsak:
·         Buah sirsak mampu menyembukan Kanker
·         Dengan mengkonsumsi buah yang satu ini, berarti kita juga dapat membantu untuk mematikan sel yang dapat menyebabkan penyakit kanker secara alamai tenpa menimbulkan effect samping dan tentunya aman untuk tubuh kita. Selain itu sirsak juga berguna untuk mengurangi berat badan, rambut rontok serta rasa ingin mutah( mual-mual).
·         Buah sirsak mampu memperbaiki sistem Kekebalan Tubuh
·         Banyaknya zat kandungan pada buah sirsak ternyata mampu membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit, dan tentunya tubuh akan terlihat lebih fit dan prima. Adapun kandungan yang terdapat pada buah sirsak diantaranya : annonacin, muricapentocin, acetogenins, anonol serta masih banyak lagi kandungan yang bermanfaat untuk tubuh lainnya.
·         Buah Sirsak mampu memperlambat proses penuan dini
·         Buah sirsak kaya akan kandungan Vitamin C, Vitamin C ini merupakan antioksidan alami sehingga bermanfaat  untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat memperlambat proses penuan dini (dapat membuat kita Awet muda). Adapun kandungan Vitamin C yang kita dapat jika mengkonsumsi sirsak, per 100g ialah 20 mg. sehingga jika kita mengkonsumsi 300g berarti kita sudah mencukupi kebutuhan minimum vitamin C, kebutuhan minimum Vitamin C untuk tubuh adalah 60mg.
·         Buah sirsak bermanfaat sebagai Sari Buah
·         Buah sirsak memang biasanya digunakan untuk mengobati pinggang nyeri, wasir/ambien, dan sebagai buah pengembali nafsu makan, cara yang harus kita lakukan sangatlah mudah hanya memblender untuk dijadikan jus, selain itu sirsak dapat digunakan sebagai sari buah alami dan tentunya mempunyai banyak manfaat.
·         Buah sirsak mempunyai Kandungan Karbohidrat
·         Sirsak, selain kaya akan kandungan air, ternyata buah sirsak juga kaya akan kandungan karbohidrat.
·         Buah sirsak Kaya Akan kandungan Serat
·         Selain kaya akan kandungan komponen gizi, ternyata buah yang satu ini sangat kaya akan kandungan non gizi. Salah satu yang bisa kita dapatkan adalah buah sirsak mengandung diatary fiber (serat pangan) yang tinggi, serat ini mampu mencapai 3,3 gram per 100 gram daging buahnya.
·         Buah sirsak mempunyai Kandungan Lemak yang sedikit
·         Dengan adanya sedikit lemak, sehingga sirsak sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan lemak yang terdapat pada daging sirsak hanya sekitar 0,3 gram per 100 gramnya. Sirsak memiliki rasa asam yang ditimbulkan oleh zat asam organic yaitu non votail, dan yang utama adalah asam isositrat, asam sitrat, serta asam malat.

semoga bermanfaat bagi soabtku semua. 

Postingan populer dari blog ini

kunci gitar dan lirik lagu adista

assalamu alaikum wr,wb hay zoobat!!!! buat yg fans ama band adista tentu fans juga ama lagu lagunya kan ,kalau fans tentu pasti ingin lirik dan kunci gitar saya sudah siap kan nih yaitu lirik lagu adista mencoba untuk setia .oh yah buat yg ingin ambil atau copas lirik dan kunci gitarnya ,mari kita saksikan bersama . lirik lagu adista mencoba untuk setia Tiba saatnya kita kan berpisah Aku akan pergi Aku pergi tuk kembali lagi Ku harap kau relakan ku pergi Pergilah engkau sayang Walau airmata kan menetes Aku harus relakan kau pergi Jagalah cinta kita Hanya doa dan airmata Yang mengiringi kepergianmu Hanya satu yang ku minta Tolong setialah padaku Tolong cintailah aku selamanya Aku akan menunggumu Aku akan setia menantimu Sampai bila nanti kau kembali padaku Bila engkau tiba disana Tolong jangan lupakan aku Karena cintaku ini Hanyalah untukmu seorang Akupun begitu sayang Dihatiku cuma ada kamu Takkan ada lagi Yang bisa menggantikanmu Hanya satu yan

download tema doraemon

assalamu alaikum wr. wb hay zoobkhu !!!!! buat yg ingin download tema ,karena ada tema baru nih yaitu tema doraemon ,yg ingin download klik aja link berikut ini . contoh tema doraemon buat yg ingin download tema doraemon  klik link dibawah ini zoobkhu: klik disini untuk dowload tema   semoga zoobkhu menyukai atas kerja keras khu walaupun hanya sederhana . 

hewan yang memiliki cakar yg tajam dan ganas

assalamu alaikum wr.wb  buat sobatku yang belum tahu dengan binatang buas , berbulu ,memiliki cakar yang tajam  dan ganas . lihat aj nih dibawah ini.  Beruang hitam Amerika (nama ilmiah: Ursus americanus)[3]) adalah spesies beruang yang paling umum dan terkecil dari Amerika Utara. Beruang hitam merupakan omnivora (pemakan daging dan tumbuhan). Beruang hitam biasanya hidup di daerah hutan, tapi tidak meninggalkan hutan untuk mencari makanan. Kadang-kadang mereka tertarik dengan kegiatan manusia bila kekurangan makanan. Beruang hitam Amerika terdaftar oleh IUCN sebagai satwa berisiko rendah, karena spesies ini memiliki populasi global besar dan banyaknya diperkirakan dua kali lipat dari semua spesies beruang lainnya bila digabungkan.[1] Beruang hitam Amerika biasanya melakukan hibernasi selama musim dingin. Selama waktu ini, metabolisme dan denyut jantung beruang hitam mengalami penurunan yang terhubung satu sama lain.[4] Pada kenyataannya, selama hibernasi, jantung seekor beruang hi